eBay Menuntut Amazon Karena Diduga Merampok Penjualnya

eBay Menuntut Tiga Manajer Amazon Karena Diduga Merampok Penjualnya

Retailer online eBay telah menggugat tiga manajer Amazon karena diduga menyusup ke platform eBay perihal penjual perburuan. Gugatan yang diajukan awal pekan ini di California, mengklaim karyawan Amazon mendaftar ke eBay dengan nama palsu. Kemudian, mereka diduga mengirim pesan pribadi mengundang penjual eBay ke Amazon, yang secara aktif telah menghindari peraturan eBay.

eBay menuduh Amazon melakukan perburuan liar. Ia mengirim surat gencatan dan penghentian pada bulan Oktober lalu, menuduh bahwa 50 perwakilan penjualan Amazon mengirim lebih dari 1.000 pesan ke penjual eBay. Amazon menjanjikan “penyelidikan menyeluruh,” tetapi eBay melanjutkan dengan gugatan yang kemudian dikirim ke arbitrase. Gugatan baru ini berfokus pada beberapa tokoh tingkat atas yang dituduhkan oleh eBay perihal pemerasan dan penipuan atas perilaku yang diduga sudah terkoordinasi.

eBay mengatakan manajer Amazon memberi insentif kepada perwakilan penjualan untuk terlibat dalam pemerasan dengan memberi mereka “rekrutmen” dan mengharapkan mereka “memuaskan sebagian besar kuota itu dengan menargetkan dan merekrut penjual eBay secara ilegal.” Ini adalah tuduhan serius, tetapi mendasarkan kasus pada Racketeer Influenced and Corrupt Organizations (RICO) adalah strategi hukum yang umumnya berisiko. Perusahaan ini mencari kerusakan moneter serta perintah yang akan menghalangi karyawan Amazon dari meminta penjual di eBay.

Gugatan eBay muncul ketika Federal Trade Commission secara terpisah memeriksa praktik bisnis anti-persaingan di Amazon. FTC sedang meneliti kesepakatan antara Amazon dan Apple, di mana Apple mulai menjual langsung melalui Amazon dan Amazon secara tiba-tiba diasingkan bersaing dengan penjual produk pihak ketiga dari Apple.

Sumber: Theverge

Comments

comments