Apa itu Bitcoin? Pengertian, Cara Kerja, dan Cara Miningnya

Apa itu Bitcoin? Pengertian, Cara Kerja, dan Cara Miningnya
Apa itu Bitcoin? Pengertian, Cara Kerja, dan Cara Miningnya

Apa itu Bitcoin? Bitcoin adalah suatu jenis uang elektronik yang muncul pertama kali di tahun 2009. Nama penciptanya adalah Satoshi Nakamoto. Nama tersebut berhubungan dengan sebuah rancangan perangkat lunak sumber terbuka miliknya.

Bitcoin menggunakan jaringan peer-to-peer tanpa membutuhkan administrator tunggal atau penyimpanan terpusat. Departemen Keuangan Amerika Serikat memberi julukan Bitcoin sebagai mata uang terdesentralisasi.

Baca Juga: Apa itu Ethereum? Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Bitcoin adalah uang digital yang memakai sebuah database yang bisa menyebar dan didistribusikan ke node-node. Node-node tersebut berasal dari suatu jaringan P2P, kemudian menuju jurnal transaksi. 

Selain itu, Bitcoin juga menggunakan kriptografi untuk menyediakan beberapa fungsi keamanan dasar. Contohnya memastikan Bitcoin hanya bisa dihabiskan oleh pemiliknya dan transaksi tidak boleh lebih dari satu kali. 

Apa Itu Mining Bitcoin?

Dalam dunia cryptocurrency, menambang Bitcoin atau mining Bitcoin adalah sebuah proses untuk memecahkan suatu permasalahan matematika yang rumit. Oleh sebab itu, proses ini seperti layaknya proses menambang emas.

Proses pemecahan masalah matematika itu sebagai bentuk usaha untuk menambah blok baru pada sistem transaksi Bitcoin atau blockchain. Aktivitas mining Bitcoin membutuhkan software atau perangkat lunak yang beragam.

Selain itu proses mining Bitcoin juga menggunakan komputer super canggih yang namanya adalah application specific integrated circuit atau ASIC. Komputer dan software tersebut berguna untuk menyelesaikan algoritma rumit saat dalam proses menambang Bitcoin.

Bitcoin Adalah Mata Uang Masa Depan?

Saat ini Bitcoin menjadi salah satu alat transaksi berbentuk uang elektronik atau mata uang baru yang cukup populer. Mata uang digital ini sangat terkenal di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

Bitcoin selain menjadi alat tukar, saat ini juga menjadi produk investasi bagi generasi milenial. Sebagian besar orang beranggapan keuntungan Bitcoin sangat menjanjikan karena peningkatan nilainya yang sangat luar biasa setiap waktu.Oleh karena itu banyak yang mempercayai bahwa Bitcoin adalah mata uang masa depan yang mengusung kemudahan dalam bertransaksi. Tanpa pihak ketiga, tanpa uang fisik, dan hemat biaya administrasi. Membuat sang pemilik Bitcoin mendapatkan hak penuh atas kepemilikan Bitcoin.