Apa itu Cryptocurrency? Pengertian dan Cara Kerjanya

Apa itu Cryptocurrency? Pengertian dan Cara Kerjanya
Apa itu Cryptocurrency? Pengertian dan Cara Kerjanya

Mari kita pelajari untuk mengejar perkembangan zaman saat ini. Kemajuan teknologi di abad ke-21 ini sangatlah maju hingga terasa pada kategori alat tukar. Berbagai platform belanja atau pasar online yang tentu saja menggunakan internet di Indonesia dan dunia saat ini juga beragam. Hal ini  menguatkan pengenalan mata uang digital atau Crypto yang semakin berkembang pada kalangan masyarakat. Langsung saja kita pelajari apa itu Cryptocurrency.

Apa Itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah mata uang dengan penyalurannya yang dilakukan secara virtual, disebut juga dengan mata uang digital. Secara bahasa, Cryptocurrency merupakan gabungan dari dua kata yang berasal dari bahasa Inggris yaitu “Cryptography” dan “Currency”. Kata “Cryptography” berarti kode rahasia, sedangkan kata “Currency” berarti mata uang.

Jadi secara bahasa, Cryptocurrency berarti mata uang yang memiliki kode rahasia. Sedangkan secara istilah, Cryptocurrency berarti suatu aset berbentuk digital dengan tujuan sebagai media atau alat pertukaran yang menggunakan kriptografi sebagai pengamanan.

Bagaimana Cara Kerja Cryptocurrency?

Mekanisme atau cara kerja Cryptocurrency adalah berkaitan erat dengan koneksi internet. Dengan penggunaan koneksi internet ini memudah dan juga fleksibel. Mengapa fleksibel? Karena siapapun dapat menggunakan Cryptocurrency asalkan terhubung dengan koneksi internet.

Baca Juga: Mengenal Ethereum – Mata Uang Digital yang Cukup Populer

Menariknya, siapapun di dunia ini dapat menggunakan Cryptocurrency. Cukup menggunakan PC maupun Smartphone yang terkoneksi internet, anda dapat melakukan transaksi. Transaksi yang dilakukan melalui Cryptocurrency tanpa perantara, baik itu mengirim uang ataupun menerima uang.

Dengan tugas sesungguhnya, Cryptocurrency telah memiliki private key atau tanda tangan digital. Nantinya, sistem akan mencatat dan mengkonfirmasi transaksi yang sudah ada. Transaksi yang telah disimpan secara permanen tidak dapat diubah, dipalsukan ataupun dibajak. Dengan begitu, Anda tidak bisa membatalkan transaksi yang sudah terjadi. Biasanya, yang melakukan hal ini adalah para penambang crypto dengan komisi berupa uang digital.

Cryptocurrency Adalah Alat Tukar Abad Ke-21

Nah, sekarang kita sudah tahu bagaimana cara kerja Cryptocurrency. Setelah mengetahui apa itu Cryptocurrency dan mekanismenya, apakah anda tertarik menjadi penambang Crypto?