NASA Umumkan Spacesuit Terbaru Untuk Program Artemis

NASA Umumkan Spacesuit Terbaru Untuk Program Artemis
- Advertisement -

NASA baru saja meluncurkan pakaian antariksa (Spacesuit) terbarunya bagi para astronot yang mengunjungi Bulan sebagai bagian dari Program Artemis.

Disebut sebagai xEMU, pakaian baru ini mengambil inspirasi dari desain saat ini yang digunakan oleh astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional, namun ditambah dengan beberapa peningkatan yang memungkinkan pakaian tersebut nyaman dipakai diluar angkasa.

Fokus utama dari gagasan ini adalah pada fleksibilitas dan kemampuan bermanuvernya, hal tersebut merupakanlah dua sifat penting bagi para penjelajah luar angkasa untuk bergerak melampaui ISS hingga ke planet lain, dan dalam program misi ini adalah Bulan. Selain sangat lentur, NASA juga mengklaim bahwa xEMU dapat dipasang untuk para astronot dengan berbagai macam ukuran.

“xEMU dapat digunakan oleh para astronot dengan berbagai macam ukuran,” kata Amy Ross, seorang perancang pakaian antariksa NASA. Dibangun dengan berbagai bagian dengan ukuran berbeda kemudian pakaian tersebut dapat disesuaikan di bagian bahu, sehingga para astronot dengan ukuran berbeda dapat mengenakannya dengan nyaman.

Belajar dari ekspedisi sebelumnya ke permukaan bulan, NASA juga telah membuat pakaian antariksa ini sangat tahan terhadap debu bulan yang sangat halus menyebabkan beberapa masalah pada astronot Apollo waktu lalu. Untuk mencegahnya, NASA telah menghilangkan resleting ataupun kabel yang ada pada xEMU, dan sepenuhnya menutup komponen utama. NASA juga mengatakan bahwa pakaian antariksa baru itu dapat menahan suhu ektstrim, yang tahan hingga 250 Fahrenhit dan -250 Fahrenhit.

Meskipun xEMU masih dalam pengembangan, NASA mengatakan bahwa pakaian antariksa tersebut akan siap untuk digunakan pada misi luar angkasa pada awal 2024, dengan ulasan utama dari desain yang terjadi pada tahun 2021 untuk menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan. NASA berencana akan memproduksi dua gagasan ini dan selanjutnya akan mengalihdayakan produksinya ke industry luar angkasa komersial.

Comments

comments

- Advertisement -