Youtube Menutup Fitur “Manual Copyright Claims”

Youtube Menutup Fitur
- Advertisement -

Youtube telah melakukan perubahan seputar kebijakan penegakan hak cipta di seputar penggunaan musik dalam creator videos. Dengan diperkenalkannya tool “Manual Claiming”, pemilik hak cipta tidak akan dapat memonetisasi video dari pembuat lain berdasarkan “penggunaan singkat atau tidak disengaja” melalui fitur terbarunya. Alih-alih secara langsung memonetisasi diri mereka sendirir, pemilik akan dapat memilih apakah akan mencegah pembuat video atau dapat memblokir kontennya. Harapannya adalah bahwa pemilik hak cipta akan meninggalkan pembuatnya sendiri.

Dalam sebuah postingan di blog baru-baru ini, Youtube menjelaskan bahwa salah satu tren yang ia lihat adalah mengklaim manual klip video musik yang sangat pendek dan digunakan dalam video yang dimonetisasi. Pengklaiman ini memunculkan rasa yang sangat tidak adil, karena mereka mentransfer semua pendapatan dari pencipta kepada penggugat, terlepas dari jumlah musik yang di klaim. Harapannya dengan fitur terbarunya ini adalah bahwa perubahan tersebut akan memperkuat visi perubahan tentang ekosistem yang kreatif agar lebih sehat di masa depan.

Youtube saat ini menggunakan sistem pencocokan ID kontennya , yang dengan tepat dapat memindai video yang diunggah ke situsnya dan mengeceknya terhadap basis data yang diajukan oleh pemegang hak cipta. Ketika kecocokan ditemukan, pemilik dapat memilih untuk memblokir atau memonetisasi video itu sendiri. Tool Manual Claiming baru akan ditawarkan kepada mitra yang saat ini menggunakan match system dan akan memungkinkan mereka untuk mencari melalui konten yang terdaftar untuk umum dan dapat membuat klaim jika kecocokan ditemukan.

Masalah awal dengan kebijakan Manual Claming YouTube merupakan pemegang hak cipta yang dapat menemukan klip hanya satu atau dua detik, dengan musik mereka diputar di latar belakang, dan dapat mengajukan klaim. Perusahaan mulai melakukan berbagai perubahan untuk mengurangi penyalahgunaan dari hak cipta, dan selanjutnya membuat langkah dengan melarang pemilik hak cipta untuk memonetisasi video apa pun. Perubahan kebijakan ini akan berlangsung pada pertengahan September tahun ini.

Comments

comments

- Advertisement -