Ini Yang Akan Terjadi Jika Kamu Meminum Kopi Setiap Hari

Ini Yang Akan Terjadi Jika Kamu Meminum Kopi Setiap Hari
- Advertisement -

Kopi adalah salah satu minuman yang sudah menjadi tradisi jutaan masyarakat di Indonesia, minuman ini menawarkan segudang kafein yang sangat dibutuhkan untuk memulai aktifitas di pagi hari. Tapi, pernahkah kamu berfikir apa yang sebenarnya terjadi di dalam tubuh kamu ketika kamu meminum secangkir kopi setiap hari?

Apakah kopi yang setiap kamu minum bermanfaat untuk jangka panjang, atau kopi dapat memenuhi tubuh kamu dengan zat yang berbahayanya? Dengan beragam pendapat tentang topik ini, inilah yang dikatakan sains tentang manfaat kopi dan bahayanya. Yuk kita simak lebih lengkapnya!

Manfaat Kopi

1. Melindungi berbagai macam kanker

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk melihat sifat karsinogenik dalam kopi terkait dengan perkembangan kanker dalam hubungan yang belum dapat ditemukan oleh peneliti. Namun, beberapa penelitian termasuk beberapa yang dikutip oleh American Cancer Society telah menemukan bahwa kopi sebenarnya dapay melindungi terhadap banyak kanker.

Situs web ACS menyatakan bahwa kopi dapat menurunkan resiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker kepala dan leher, kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker hati. Ratusan senyawa aktif biologis termasuk kafein, flavonoid, lignan, dan polifenol dapat ditemukan dalam kopi yang sudah di panggang. Senyawa kopi itu telah terbukti dapat meningkatkan pengeluaran energi, menghambat kerusakan sel, mengatur gen yang terlibat dalam perbaikan DNA, serta memiliki sifat anti-inflamasi / menghambat metastasis.

2. Dapat mengurangi resiko bunuh diri

Baru-baru ini angka bunuh diri di seluruh dunia meningkat, menyebabkan jutaan korban. Bahkan miliyaran orang diseluruh dunia mencari jawaban tentang cara menghentikan dampak buruk dari epidemi ini. Memang sulit bagi siapa pun untuk mengklaim “obat” untuk mengatasi hal ini. Meski begitu, para peneliti memang menemukan korelasi antara konsumsi kopi dan penurunan resiko bunuh diri.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard School of Public Health mengutip kafein sebagai kemungkinan alasan dibalik temuan tersebut. Para penulis penelitian menemukan bahwa tingkat bunuh diri untuk orang dewasa yang minum dua hingga empat cangkir kopi berkafein perhari adalah setengah dari mereka yang minum kopi tanpa kafein itu sangat sedikit atau bahkan tidak ada.

Lebih lanjutnya ditemukan bahwa kafein yang terkandung dalam kopi tidak hanya merangsang system saraf pusat tetapi juga dapat bertindak sebagi antidepresan ringan dengan meningkatkan produksi beberapa neurotransmiter di otak seperti serotoninm dopamin, dan noradrenalin. Kafein pada dasarnya dapat meningkatkan suasana hati seseorang.

3. Dapat mengurangi resiko Alzheimer dan Demensia

Jika kamu terbiasa selama bertahun-tahun menikmati secangkir kopi setiap hari atau bahkan lebih, kamu daoat mengurangi resiko Alzheimer dan Demensia. Faktanya, sebuah penelitian baru-bru ini menemukan bahwa minum 3-5 gelas per hari di usia paruh baya dikaitkan dengan penurunan resiko Demensia dan Alzheimer hingga 65% di kemudian hari.

4. dapat mengurangi diabetes tipe 2

Para peneliti di Harvard mempelajari lebih dari 100 ribu orang selama hamper 20 tahun untuk menemukan korelasi antara kopi dam peengurangan resiko diabetes tipe 2. Apa yang mereka temukan adalah mereka yang meningkatkan konsumsi minum kopi lebih dari satu cangkir kopi per hari memiliki resiko 11% lebih rendah terkena penyakit ini. Mereka juga menemukan bahwa mereka yang mengurangi asupan kopi sebanyak satu cangkir setiap hari meningkatkan resiko terkena diabetes T2 sebesar 17%.

Sementara para peneliti tidak tahu penyebab pastinya, mereka menduga tidak ada hubungannya dengan kafein, karena stimulan sebenarnya terkait dengan perubahan kadar glukosa dan insulin. Dan bagaimana tubuh kamu bereaksi terhadap kafein sangat tergantung pada bagaimana tubuh kamu memetabolisme itu semua. Either way, kafein telah ditemukan menjadi faktor negatif pada gula darah, yang membuat para ahli menyarankan bahwa jika kamu harus minum kopi, buatlah kopi yang tanpa kafein.

Bahaya Kopi

1. Kamu bisa kecanduan

Satu cangkir kopi mengandung 95mg kafein, yang lebih dari cukup untuk membuat kamu melek di pagi hari. Faktanya adalah, bagaimanapun juga kafein adalah obat dan itu adalah zat kimia yang membuat kamu ketergantungan.

Penelitian lanjutan pada topik kecanduan kafein telah menyebabkan para profesional medis untuk memberikan istilah resmi untuk kondisi yang disebut dengan Caffeine Disorder, dimana seseorang dengan kelainan ini memiliki pola perilaku dan fisiologis yang serupa dengan yang dihasilkan oleh obat ketergantungan lainnya.

2. Kamu bisa lebih sering buang air kecil

Selama bertahun-tahun, orang-orang bahkan para ahli menyebut kopi sebagai diuretic, menjelaskan mengapa banyak peminum kopi sering buang air kecil. Studi lanjutan ini tidak menghubungkan bahan-bahan dalam kopi sebagai kontribusi untuk sering buang air kecil, melainkan fakta bahwa ketika kamu minum lebih banyak, kamu bakal sering buang air kecil.

Jadi, jika kamu banyak minum kopi, cairan itu pergi ke kantung kemih dan kamu akan merasa sering kebelet untuk buang air kecil.

3. Kamu bisa kehilangan tidur

Kafein adalah stimulan yang paling sering digunakan untuk membuat kamu melek selama seharian. Dan tentunya kebanyakan orang juga tahu tentang al ini. Bahkan satu penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kafein 6 jam sebelum tidur dapat mengurangi waktu tidur selama satu jam. Efek ini juga lebih kuat pada orang dewasa yang lebih tua karena tubuh mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk memproses kafein.

4. Berdampak negatif pada tulangmu

Selama bertahun-tahun, ada laporan peminum kopi berat dan penurunan massa tulang dan kerapuhan keseluruhan pada system kerangka. Karena ini beberapa profesional medis dan ilmuwan telah menduga bahwa kafein memiliki efek negatif pada penyerapan kalsium. Namun, tidak ada bukti konkret yang ditemukan, para peneliti terkemuka percaya bahwa korelasi itu hanya karena fakta bahwa peminum kopi berat tidak mendapatkan cukup banyak kalsium dalam makanan mereka.

Jadi kamu bisa meminum kopi sambil menyeimbangkannya dengan mengkonsumsi susu, almond, brokoli, ataupun makanan yang kaya akan kalsium lainnya.

Comments

comments

- Advertisement -