Makanan Yang Harus Kamu Hindari Saat Terkena Flu

Makanan Yang Harus Kamu Hindari Saat Terkena Flu

Flu menular dengan mudah dari orang ke orang disekitarnya dan datang dengan gejala yang menyakitkan termasuk sakit kepala, kedinginan, demam, sakit tubuh, batuk, dan pilek.

Kita juga semua tahu betul bahwa penyakit flu bisa menjadi sangat menjengkelkan ketika menyerang penderitanya. Maka hal yang sangat penting saat kamu terkena flu untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk memberi kamu kekuatan yang diperlukan untuk melawan virus yang terkandung dalam penyakit tersebut. Namun, tanpa kamu sangka ada beberapa makanan yang menurutmu bagus malah memperburuk gejala dan memperpanjang penyakit flu tersebut.

Agar bisa sehat kembali dengan lebih cepat, kami berikan daftar makanan yang dihindari saat kamu terkena flu.

Makanan manis

Makanan akan tinggi kadar gulanya dapat menyebabkan peradangan saat kamu terkena flu. Peradangan juga dapat melemahkan sel darah putih pembunuh infeksi tubuh. Cobalah konsumsi teh jahe tanpa pemanis saat kamu sakit flu, minuman tersebut dapat membantumu saat terkena sakit flu.

Produk susu

Banyak gagasan bahwa susu dan produk olahan susu lainnya dapat menyebabkan tubuh kamu memproduksi lebih banyak lendir. Jika kamu memperhatikan bahwa produk susu dapat membuat kamu merasa lebih sesak, sebaiknya hindari saat kamu terkena flu. Sebenarnya ada beberapa manfaat untuk mengkonsumsi susu dan yogurt ketika kamu sakit. Keduanya mengandung protein dan vitamin D yang dapat membantu tubuh kamu melawan infeksi. Dan yogurt memiliki probiotik yang dapat menyeimbangkan bakteri di usus.

Daging sapi

Protein sangatlah penting untuk menjaga kekuatan kamu saat melawan flu, dan daging sapi memiliki banyak hal. Namun, ia juga mengandung banyak lemak, yang lebih sulit dicerna. Beberapa ahli menyarankan bahwa lemak hewani menahan kemampuan tubuh kamu untuk mengeluarkan kuman penyebab flu dan karenanya memperpanjang waktu di mana saat kamu mengalami gejala flu. Lebih baik mendapatkan protein dari telur dan sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, dll.

Minuman ber-kafein

Semua orang tahu untuk minum banyak air ketika mereka sakit. Dehidrasi adalah salah satu efek samping terburuk dari flu karena ia datang dengan sejumlah gejala dan komplikasi dengan sendirinya. Berkeringat karena demam, serta muntah yang berulang, dapat menyebabkan dehidrasi dengan sangat cepat. Jadi kamu tidak hanya perlu mengambil air ekstra, kamu juga lebih baik menghindari minuman ber-kafein, yang dapat menyebabkan kamu buang air kecil lebih banyak. Gagasan bahwa kafein menyebabkan dehidrasi telah dibantah oleh para ilmuwan, karena hal itu merupakanlah stimulan, dan artinya tubuh kamu perlu istirahat ketika sedang sakit.

Minuman ber-alkohol

Ketika kamu mengalami dehidrasi, lendir di hidung, tenggorokan, dan paru-paru bisa mengering, menyumbat sinus dan saluran pernapasan. Sangat penting untuk bisa mengeluarkannya, sama sengsaranya dengan pilek. Alkohol juga dapat membuat kamu lebih rentan terhadap infeksi paru-paru. Jadi, jangan ambil risiko menambahkan minuman ber-alkohol saat kamu terkena flu. Sebagai gantinya, cobalah makan sup ayam yang dapat menenangkan tubuh kamu.

Sumber: Foodprevent

Comments

comments