Makanan Sehat yang Baik Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Makanan Sehat yang Baik Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting dalam tubuh. Organ kecil yang berbentuk seperti kacang ini berfungsi menyaring limbah makanan dari darah. Ginjal juga melepaskan hormon yang mengatur tekanan darah, membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh dan juga memproduksi urin.

Penyakit ginjal ternyata sudah mempengaruhi sekitar 10% dari populasi di dunia dan penyebabnya disebabkan oleh tekanan darah tinggi gula darah yang tidak terkontrol. Faktor-faktor lainnya seperti usia, merokok, obesitas, dan jenis kelamin juga berperan dalam penyakit ginjal ini. Ketika ginjal tidak berfungsi secara optimal, kotoran dari makanan menumpuk di dalam darah dan menyebabkan tubuh merasa sakit.

Jika kamu telah di diagnosis mengidap penyakit ginjal ataupun penyakit ini menular dari keluarga kamu, kamu bisa mengibatinya dengan mencoba memakan makanan sehat yang baik untuk kesehatan ginjalmu. Sudah kami siapkan daftar makanan untuk yang baik untuk kesehatan ginjalmu! Baca terus lebih detailnya.

Sebelum kita membahas lebih jauh, ketahuilah bahwa secara umum orang yang mengidap penyakit ginjal akan diminta untuk membatasi nutrisi tertentu yang ditemukan dalam bentuk makanan yang berbeda. Tiga nutrisi besar tersebut diantaranya adalah natrium, kalium, dan fosfor. Protein mungkin juga dibatasi bagi orang mengidap penyakit ginjal tahap awal.

Berikut adalah daftar makanan sehat dengan rendah fosfor, kalium, dan natrium yang baik untuk kesehatan ginjalmu.

Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran yang penuh dengan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin K, dan folat (vitamin B). Sayuran ini juga memiliki jumah jumlah serat yang bagus untuk membantu pencernaan dan mengandung senyawa anti-infalamasi tertentu yang disebut dengan indoles. Kembang kol dapat dimakan mentah ataupun dimasak terlebih dahulu. Dalam satu cangkir (124 gram) kembang kol yang sudah dimasak memiliki nutrisi sodium 19 mg, kalium 176 mg, dan fosfor 40 mg.

Blueberry

Blueberry adalah salah satu buah-buahan terbaik yang bisa kamu makan dan bermanfaat untuk seluruh tubuh kamu. Blueberry memiliki antioksidan yang tinggu yang disebut dengan anthocyanin, yang dapat membantu mengurangi resik penyakit jantung, diabetes, penurunan kognitif, dan kanker tertentu. Buah tersebut juga sangat bagus untuk pasien yang menderita penyakit ginjal, karena rendah sodium, fosfor dan kalium. Dalam satu cangkir (148 gram) blueberry segar memiliki nutrisi sodium 1,5 mg, kalium 114 mg, dan juga fosfor 18 mg.

Anggur merah

Anggur merah kaya akan vitamin C dan mengandung antioksidan yang disebut dengan flavonoid yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Buah itu juga memiliki flavonoid dengan jenis tertentu yang disebut dengan resveratrol, yang disebut-sebut karena kemampuannya dapat memberi manfaat pada jantung, mengatur gula darah, menahan penurunan kognitif, dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan penuaan. Dalam ½ cangkir anggur merah memiliki nutrisi diantaranya sodium 1,5 gram, kalium 144 mg, dan fosfor 15 mg.

Putih telur

Kuning telur memanglah sangat bergizi, tetapi juga mengandung banyak fosfor, sehingga penderita penyakit ginjal melakukan hal terbaiknya dengan menambahkan putih telurnya juga. Putih telur memiliki protein yang tinggi tetapi rendah fosfor, sehingga makanan ini sering direkomendasikan untuk orang yang menderita penyakit dialisis. Pasien dialysis biasanya memiliki kebutuhan protein yang lebih tinggi. Dalam dua putih telur besar (66 gram) memiliki nutrisi sodium 110 mg, kalium, dan fosfor 10 mg.

Bawang putih

Karena permasalahan ginjal membutuhkan pengurangan natrium, kamu mungkin khawatir dengan kehilangan kenikmatan dalam sebuah makanan terutama dalam aromanya. Untungnya, bawang putih adalah alternative yang bagus untuk garam yang juga menawarkan manfaat gizinya sendiri. Bawang putih mengandung vitamin C, vitamin B6, dan senyawa sulfur yang anti-inflamasi. Dalam tiga suing (9 gram) bawang putih memiliki nutrisi sodium 1,5 mg, kalium 36 mg, dan fosfor 14 mg.

Sumber: FoodPrevent

Comments

comments