Hal yang Perlu Kamu Ketahui Dari Wabah Coronavirus!

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Dari Wabah Coronavirus!

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan adanya wabah coronavirus baru yang berasal dari Wuhan, Cina sebagai pandemi global. Pada 18 maret 2020, setidakya ada 8 ribuan orang telah meninggal karena penyakit ini dan setidaknya ada lebih dai 207 ribu kasus yang dilaporkan di seluruh dunia, menurut WHO.

Berikut kami berikan hal yang harus kamu ketahui dari wabah penyakit coronavirus ini. Apa saja tuh? Yuk simak lebih dalam lagi!

Apa itu coronavirus?

Menurut WHO, Coronavirus merupakan penyakit yang mulai menyebabkan korbannya mulai dari flu biasa hingga penyakit lebih parah lagi seperti penyakit severe acute respiratory syndrome (SARS) dan middle east respiratory syndrome (MERS).

Coronavirus bersikulasi pada hewan dan beberapa dapat ditularkan melalui hewan dan manusia. Ada beberapa kasus yang terkait, coronavirus beredar pada hewan yang belum menginfeksi manusia. Coronavirus jenis baru yang diketahui dapat menular ke manusia dinamai COVID-19. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

Apa saja gelajanya?

Tanda-tanda umum infeksi dari virus tersebut adalah demam, batuk dan kesulitan bernafas. Dalam kasus yang parah, coronavirus dapat menyebabkan penderitanya pneumia, kegagalan organ tubuh dan menyebabkan kematian

Masa inkubasi COVID-19 diperkirakan dapat menghabiskan waktu 1-14 hari. Virus ini bisa menular sebelum gejalanya muncul, hal itulah sebabnya banyak orang yang terinfeksi oleh virus tersebut. Pasien yang terinfeksi juga bisa saja tidak mendapatkan gejala, yang berarti mereka tidak menunjukan gejala apapun walaupun pasien tersebut memiliki virus di tubuhnya.

Berapa banyak orang yang sudak terinfeksi?

Di daratan Cina, setidaknya 80 ribu orang telah terinfeksi oleh coronavirus. Belum lagi ditambah laporan dari berbagai negara yang terkena dampak dari wabah tersebut, termasuk Indonesia sudah mendapati sekitar 300-an kasus terkait wabah tersebut.

Darimana asalnya virus tersebut?

Cina memberitahu WHO tentang kasus-kasus pneumonia yang di Wuhan pada 31 desember 2019. COVID-19 diperkirakan berasal dari pasar makanan laut dimana satwa liar dijual secara illegal. Pada 7 februari 2020, peneliti di Cina mengatakan virus itu bisa menyebar dari hewan yang terinfeksi ke manusia melalui trenggiling yang diperdagangkan secara illegal. Hewan tersebut dipercayai di Asia sebagai makanan dan obat-obatan. Para ilmuwan juga juga menambahkan bahwa kelelawar dan ular sebagai sumber yang memungkinkan atas penyebaran dari wabah coronavirus ini.

Bagaimana saya melindungi diri dari wabah virus tersebut?

WHO menyatakan bahwa virus tersebut sebagai pandemi global pada 11 maret, dan organisasi tersebut menambahkan bahwa “sangat prihatin dengan tingkat penyebaran coronovirus dan keparahan yang mengakhawatirkan ini.” WHO merekomendasikan agar selalu menjaga kebersihan dasar seperti sering mencuci tangan dengan sabun dan air secara teratur, menutup mulut dengan siku dikala batuk ataupun bersin, serta gunakan masker untuk kamu yang hendak bepergian keluar.

Pertahankan jarak sosial (Social Distancing), jaga jarak setidaknya 1,8 meter antara kamu dengan orang lain, khususnya jika mereka yang sedang batuk dan bersin, dan hindari menyentuh wajah, mata, dan mulut kamuu dengan tangan yang belum di cuci. Hindari kontak yang tidak perlu tanpa perlindungan dengan hewan dan pastikan untuk selalu mencuci tangan setelah melakukan kontak dengan hewan apapun.

Dalam berita kesehatan lainnya, 5 Sarapan sehat yang cocok buat kamu ingin diet!

Comments

comments