Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Dari Playstation 5

Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Dari Playstation 5

Sony secara perlahan-lahan merilis informasi tentang konsol generasi berikutnya Playstation 5 terbarunya. Sony pertama kali mengkonfirmasi keberadaan Playstation terbarunya pada bulan oktober 2018 silam, meskipun tidak mengungkapkan nama konsol terbarunya itu sampai 8 oktober 2019.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lebih detail perihal konsol generasi berikutnya dari Sony, iDashMedia telah mengumpulkan beberapa informasi tentang Playstation 5 yang patut tuk kamu ketahui sebelum konsol terbarunya dari Sony itu akan dirilis pada musim liburan 2020.

Spesifikasi

CPU: Sistem Playstation 5 terdiri dari chip AMD berbasis Ryzen. Chip ini memiliki 8x core 7nm Zen 2 prosesor. Chip Zen 2 sendiri sudah diluncurkan pada bulan juni 2019 lalu dan terkenal untuk memisahkan bagian CPU dan I/O menjadi modul yang lebih kecil.

GPU: Graphic processing unit (GPU) Playstation 5 menggunakan unit AMD Navi khusus yang mendukung ray tracing pada hardware level. Ray tracing penting karena rendering yang membantu efek pencahayaan menjadi jauh lebih realistis daripada upaya lain yang terlihat dalam bermain game.

Audio: Playstation 5 akan menggunakan teknologi audio 3D, yang menurut arsitek system dari Sony, yakni Mark Cerny mengungkapkan bahwa akan sangat berbeda dengan suara PS4.

Memory: Sistem Playstation 5 akan menggunakan Solid State Drive (SSD), disamping koneksi PCLe 4.0. Hasil dari drive baru ini adalah bahwa waktu pemuatan dalam game akan berkurang secara otomatis, mengurangi loading time dari 15 menjadi 0,8 detik!

Resolusi: Playstation 5 akan mendukung resolusi full 8K, dan dapat di asumsikan dengan aman bahwa akan mencakup dukungan full 4K.

Fitur Konsol

Backward Compability: Jim Ryan, CEO Playstation mengungkapkan pada bulan juni 2019 lalu bahwa PS 5 akan mendukung kompabilitas dengan PS4. Dia juga menyebutkan bahwa “cross-generational play”, yang berarti pemain akan dapat memainkan game yang kompatibel di PS4 mereka, beralih ke PS5 dan melanjutkannya di konsol terbaru mereka.

Elemen Portable: Hal ini adalah sesuatu yang telah di isyaratkan tetapi belum dikonfirmasi, dengan kepala divisi game Sony John Kodera menyatakan bahwa “perlu untuk terus memikirkan game portable sebagai salah satu metode untuk memberikan lebih banyak pengalaman bermain game dan mengeksplorasi apa yang diinginkan pelanggannya dari portable.”

Home Screen ditingkatkan: Home screen PS5 akan mendapatkan perombakan yang dramatis, mengingat apa yang dikatakan oleh Mark Cerny pada Wired Magazine, dengan mengatakan bahwa Launched Page akan menampilkan multiplayer yang menyediakan daftar kegiatan yang digabungkan kepada para pengguna, sementara untuk single player akan menampilkan mission yang akan kamu lakukan. Setelah berhasil menyelesaikan sebuah mission kamu akan mendapatkan reward.

Perubahan Instalasi Game: Saat melakukan isntalasi game digital adalah suatu kutukan  bagi banyak pengguna PS4, sering membutuhkan proses hingga berhari-hari untuk mengunduh suatu game. Untuk mengatasi hal ini, PS5 akan memungkinkan instalasi yang dapat dikonfigurasu untuk kemudahan penggunaan. Misalnya jika kamu hanya ingin memainkan suatu game dalam single player, kamu dapat mengunduhnya sendiri, dan membiarkan versi multiplayernya di kemudian hari.

Pengurangan  konsumsi energi: Berbicara dalam sebuah postingan blog dari Playstation, presiden dan CEO Jim Ryan mengatakan bahwa PS5 akan datang dengan opsi untuk menangguhkan gameplay sambil menggunakan daya yang yang jauh lebih sedikit daripada PS4. Ryan menambahkan bahwa “Jika satu pengguna menggunakan fitur ini , hal itu akan menghemat setara dengan penggunaan listrik rata-rata 1000 rumah.”

Controller

Haptic Feedback: Salah satu fitur utama dari controller PS5 yang baru adalah Haptic Feedback, yang memungkinkan pengembang untuk mengembangkan untuk membedakan feedback ke tingkat yang lebih tinggi dari sebelumnya, dengan mengatakan bahwa “menabrak tembok di balapan mobil terasa jauh berbeda dengan tackle di lapangan bola. Kamu dapat merasakan berbagai macam tekstur saat berlari di lading rumput atau berlari di jalanan berlumpur.”

Adaptive Triggers: Penambahan kunci lain untuk controller adalah penggunaan trigger, yang memungkinkan pengembang untuk dapat mengkonfigurasi button L2 / R2 “sehingga kamu merasakan sensasi sentuhan saat seperti memanah dan ataupun mempercepat kendaraan off-road saat jalan di medan yang berbatu.”

Games

Belum ada game yang mengkonfirmasi untuk konsol Playstation 5, tetapi pada postingan blog Sony yang mengkonfirmasi nama game PS5 merujuk pada tiga game khususnya: Death Stranding, The Last of Us Chapter II, dan Ghost of Tsushima. Referensi yang agak acak ini membuat orang beranggapan bahwa game-game yang disebutkan diatas akan dibuat untuk konsol tersebut saat diluncurkan, meskipun hal itu hanya menjadi sebuah spekulasi hingga saat ini.

Tanggal Rilis & Harga

Sony baru saja mengumumkan bahwa Playstation 5 akan diluncurkan selama musim liburan 2020, belum ada tanggal pastinya. Harga yang beredar menurut bocoran dikabarkan akan dijual seharga $500 USD, tetapi masih belum ada konfirmasi resmi soal harga dari konsol terbarunya itu.

Comments

comments