Co Founder Vans, Paul Van Doren Meninggal Dunia

Co Founder Vans, Paul Van Doren Meninggal Dunia
Co Founder Vans, Paul Van Doren Meninggal Dunia

Paul Van Doren, salah satu pendiri perusahaan sepatu terkenal Vans, telah meninggal dunia pada usia 90 tahun. Pihak Vans mengumumkan kabar duka tersebut pada hari jumat kemarin.

“Dengan berat hati Vans mengumumkan telah meninggalnya salah satu pendiri kamu, Paul Doren,” melalui tweet pihak Vans. “Paul bukan hanya seorang pengusaha, tetapi dia adalah seorang innovator.”

Di masa mudanya Van Doren pernah mengalami putus sekolah menengah atas, kemudian beliau meluncurkan brand terkenal Vans dikalangan skateboard bersama saudaranya Jim Van Doren dan dua mitra lainnya. Toko Vans pertama kali dibuka pada tahun 1966 di Anaheim, California. Menurut pihak perusahaannya, pada acara grand opening toko, ada 12 pelanggan pertama yang membeli produk sepatu Vans.

Van Doren memimpin perusahaan di berbagai waktu selama dua dekade berikutnya yang hingga akhirnya dijual pada tahun 1988. Vans saat ini dimiliki oleh VF Corporation, yang juga menjalankan brand terkenal seperti Supreme, The Noth Face, Timberland, Dickies, dan JanSport. Saat ini, terdapat ada lebih dari 300 toko Vans tersebar diseluruh dunia.

Kurang dari dua minggu yang lalu, Van Doren merilis biografinya di Amazon yang berjudul “Authentic: A Memoir by the Founder of Vans” Yang menceritakan kehidupan dan pertumbuhan perusahaan Vans yang menjadi kekuatan di industry sepatu dan pakaian.