Top 5 Perusahaan yang Dimiliki Oleh Disney

Top 5 Perusahaan yang Dimiliki Oleh Disney

Walt Disney Company adalah salah satu perusahaan media dan hiburan terbesar di dunia. Perusahaan ini mengoperasikan industri jaringan televisi, studi film dan taman hiburan yang begitu luas. Disney melaporkan pendapatan pada Q4 2018 lalu meraup pendapatan $ 14,31 miliar USD. Disney saat ini memiliki kapitalisasi pasar sekitar $ 171,70 miliar USD.

Tiga segmen bisnis terbesar Disney adalah bisnis TV, bisnis taman hiburan, dan bisnis filmnya. Segmen-segmen ini termasuk beberapa perusahaan paling terkenal di seluruh dunia, termasuk ABC, ESPN, Disneyland, Lucasfilm, dan Marvel. Pada 14 desember 2107, Disney mengumumkan akan mengakuisisi beberapa aset dari 21th Century Fox (FOX) dengan haraga 52,4 miliar USD.

Menyusul berita tentang akuisisi, Comcast Corporation memasuki pertarungan sengit dengan Disney dengan tawaran senilai $ 65 miliar USD. Pada 20 juni 2018 Disney menaikan tawaran Fox mereka menjadi $ 71,3 miliar USD dan mengakuisisi sebagian besar aset 21st Century Fox pada 27 Juli 2018. Pada 19 November, Disney melaporkan bahwa ia telah menerima persetujuan tanpa syarat dari regulator Tiongkok untuk akuisisi abad ke-21.

Tidak lama setelah akuisisi 21th Century Fox, Disney memulai reorganisasi strategis yang mengkonsolidasikan produk konsumen dan bisnis media interaktif mereka di bawah payung taman dan resor dan membentuk segmen bisnis terpisah untuk operasi direct-to-consumer.

Berikut adalah beberapa perusahaan terbesar yang diakuisisi oleh Disney:

ABC/Disney Television Group

Grup Televisi Disney / ABC mengoperasikan bisnis siaran televisi, televisi kabel, dan radio. Bisnis-bisnis televisi siaran perusahaan termasuk ABC Studios, ABC News, dan ABC Television Network, yang mengirimkan program ke lebih dari 200 afiliasi televisi lokal di seluruh negeri. Grup Televisi Disney / ABC juga mengoperasikan delapan stasiun televisi lokal di beberapa pasar media terbesar di negara itu. Di sisi kabel, Disney / ABC Television Group mengoperasikan saluran ABC Family dan Disney Channels Worldwide, sebuah unit yang mencakup lebih dari 100 jaringan kabel bermerek Disney yang menjangkau 164 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Grup Disney / ABC Television juga memiliki saham di tiga bisnis media yang dioperasikan secara independen: A&E Television Networks, Hulu, dan Fusion Media Network. A&E Television Networks adalah perusahaan patungan dengan Hearst Corporation yang mengoperasikan berbagai saluran kabel termasuk A&E, History dan Lifetime. Disney / ABC Television Group sebelumnya memiliki 30% saham di Hulu, layanan video streaming online yang menampilkan konten ABC Studios, tetapi kontrolnya terhadap perusahaan meningkat menjadi 60% setelah mengakuisisi 21st Century Fox. Fusion adalah salah satu dari usaha patungan Disney, yang juga dimiliki oleh Univision Communications. Perusahaan media multi-platform ini ditargetkan untuk warga Amerika keturunan Hispanik.

ESPN, Inc.

ESPN adalah perusahaan media olahraga dan hiburan dengan delapan jaringan kabel di AS dan 16 jaringan televisi lainnya secara internasional. Disney memegang 80% saham pengendali di ESPN, dengan 20% sisanya dimiliki oleh Hearst Corporation. Selain properti televisi, ESPN mengoperasikan ESPN.com, ESPN Radio, dan WatchESPN. ESPN juga memiliki 30% saham di CTV Specialty Television, penyiar olahraga multi-channel Kanada.

Walt Disney Parks and Resorts U.S., Inc.

Walt Disney Parks and Resorts A.S., Inc. mengoperasikan Disneyland di California, Walt Disney World Resort di Florida, dan Aulani, spa dan resor di Hawaii. Operasi ini mencakup sejumlah hotel milik perusahaan, kompleks ritel dan hiburan, pusat konferensi, dan fasilitas rekreasi dalam dan luar ruangan. Walt Disney Parks & Resorts juga mengoperasikan taman hiburan Disney di luar negeri melalui beberapa anak perusahaan internasional.

Euro Disney S.A.S., anak perusahaan Perancis dari Disney Parks & Resorts, memiliki 51% dari Disneyland Paris. Di Cina, Shanghai International Theme Park Co. mengendalikan 43% Shanghai Disneyland Resort dan Hong Kong Disneyland Management mengendalikan 47% Hong Kong Disneyland Resort. Walt Disney Parks & Resorts tidak memiliki kepemilikan saham di Tokyo Disney Resort di Jepang, Walt Disney Parks & Resorts mendapatkan ijin lisensi dari perusahaan yang beroperasi di Jepang, Oriental Land Co.

Pada bulan Januari 2019, Disney mengumumkan akan menaikkan harga tiket untuk taman hiburannya yang berbasis di Amerika sekitar 10%, dengan tiket dewasa satu hari di Magic Kingdom di Orlando dengan harga $ 149, naik dari $ 135.

Lucasfilm Ltd. LLC

Lucasfilm adalah perusahaan produksi film yang terkenal karena memproduksi Star Wars dan Indiana Jones, dua dari franchise film terlaris dalam sejarah. Disney mengakuisisi Lucasfilm pada 2012 sebesar $ 4,06 miliar, bersama dengan anak perusahaan perusahaan produksi termasuk Industrial Light and Magic, Skywalker Sound, dan Lucas Licensing. Di bawah pengawasan Disney, perusahaan ini merilis trio lain dari film Star Wars dan memiliki rencana untuk membuat film Indiana Jones kelima yang dibintangi oleh Harrison Ford pada tahun 2019. Menurut Hollywood Reporter, perusahaan melakukan pembelian kembali Lucasfilm pada akhir 2017 ketika The Jedi terakhir membawa total bruto film-film Star Wars baru ini menjadi $ 4,08 miliar.

Marvel Entertainment, LLC

Marvel Entertainment adalah perusahaan media dan hiburan yang beroperasi di penerbitan, televisi, dan film. Marvel terkenal karena katalog karakter fiksinya, termasuk Spider-Man, Captain America, dan X-Men. Disney mengakuisisi Marvel dan hak untuk lebih dari 5.000 karakter pada Agustus 2009 sebesar $ 4 miliar. Film-film superhero Marvel yang luar biasa telah menjadi penghasil besar bagi Disney, memberikan perusahaan tempat terbaik di 10 film terlaris teratas tahun ini selama beberapa tahun berturut-turut. Anak perusahaan Marvel Entertainment termasuk Marvel Studios, Marvel Animation, dan Marvel Comics.

Sumber: Investopedia

Comments

comments