Mobil Esemka Resmi Dijual! Berapa Harganya?

Akhirnya setelah sekian lama ditunggu-tunggu produk mobil buat karya anak Indonesia, mobil Esemka resmi diluncurkan. Lantaran salah satu syarat untuk masuk produksi dan dipasarkan sudah mendapat ijin dari Mentri Prehubungan. Syarat tersebut adalah Sertifikat Uji Tipe (SUT).

Untuk mendapatkan SUT, banyak tahapan yang dilalui mobil Esemka. Pengujian kendaraan berkali-kali oleh Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) dari Kementrian Perhubungan. Pengujian tersebut diantaranya adalah uji dimensi, uji konstruksi, uji rem, uji speedometer, turning radius, dsb.

Dan sekarang, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) akhirnya resmi meluncurkan salah satu produk terbarunya, diantaranya Bima versi 1.2 dan 1.3. Mobil jenis pick up atau angkutan barang. Namun, berapa harga mobil tersebut? Mobil ini diperkirakan akan di jual seharga Rp. 110 sampai 150 juta. Hal itu disampaikan oleh Mentri perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat menghadiri peluncuran produk terbaru di PT. SMK Boyolali, Jawa Timur.

Sebenarnya ada 12 tipe mobil Esemka yang sudah lulus uji, tetapi yang baru diproduksi baru dua jenis saja. Mobil Esemka ini difokuskan untuk mobil angkutan barang baik diperkotaan maupun di pedesaan. Dengan harga yang kompetitif atau bahkan bisa dibilang terjangkau, mobil buatan anak bangsa ini pasti akan bagus dan bisa diterima di segi pangsa pasarnya. Terlebih mobil tersebut memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan pasaran.

Mengulik sejarah sebelum mobil Esemka ramai diperbincangkan oleh publik, sebenarnya Indonesia sudah mempunyai mobil Nasional lho! Namun, proyek pengembangannya terhenti dan sampai sekarang tidak dilanjutkan lagi. Mobil Nasional tersebut bernama mobil Timor. Mobil tersebut tercetus pada masa era Presiden Soeharto, mobil timor menjadi mobil kebangsaan Indonesia pada saat itu. Dan ketika Pak Harto lengser, mobil Timor pun ikut lengser juga.

Keberadaan mobil Esemka ini multifungsi, selain bisa untuk angkutan barang, mobil tersebut juga bisa digunakan sebagai angkutan orang. Dengan harga yang dibawah 200 juta, mobil Esemka diharapkan bisa diterima di pasaran dan bisa bersaing dengan produk buatan luar dan tidak menutup kemungkinan bisa diekspor ke negara lain.

Sumber: Suara

Comments

comments