Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Nebula?

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Nebula?

Nebula adalah awan antarbintang yang terdiri dari debu, gas, dan plasma. Awalnya Nebula adalah nama umum yang diberikan untuk semua objek astronomi yang membentang, termasuk galaksi di luar Bima Sakti (beberapa contoh dari penggunaan lama masih bertahan; sebagai contoh, Galaksi Andromeda kadang-kadang merujuk pada Nebula Andromeda).

Nebula adalah fenomena cantik di luar angkasa terbentuk dari keruntuhan gravitasi di medium antarbintang. Ketika sebuah bintang runtuh karena gravitasinya sendiri, bintang-bintang besar yang baru terbentuk di tengah-tengah Nebula dan radiasi ultraviolet dari bintang-bintang baru akan mengionisasi gas di sekitarnya.

Ada juga Nebula yang terbentuk dari ledakan Supernova; sebuah pergolakan kematian bintang raksasa yang berumur pendek.Ada 10000 jenis nebula di galaksi Bimasakti, dan baru 2000 saja yang terdeteksi. Berbeda dengan milkyway yang bisa kita liat dengan mata telanjang, Nebula tidak bisa dilihat dengan mata telanjang karena kamu harus memakai teleskop. Nebula berasal dari bahasa latin yang artinya adalah ‘awan’.

Awalnya Nebula adalah nama untuk sebuah objek Astronomi termasuk galaksi di luar Bima sakti. Galaksi Andromeda misalnya, ia pernah di sebut ke dalam jenis Nebula Andromeda (galaksi yang berbentuk spiral awalnya disebut Nebula spiral). Barulah pada abad ke 20 oleh astronom Vesto Slipher, Edwin Hubble dan sejawatnya berhasil mengamati sifat-sifat sejati galaksi.

Sebagian Nebula berdiameter sangat besar bahkan mencapai ratusan tahun cahaya hal inilah salah satu penyebab kenapa Nebula tidak bisa dilihat dengan mata telanjang dibandingkan milkyway. Nebula Orion misalnya memiliki sudut diameter dua kali lebih besar dari bulan purnama, namun nebula ini tidak nampak jelas di langit malam.

Bagi teman-teman yang suka dengan Astrofotografi pasti sering menemui objek bernama Orion itu hampir seperti planet biasa. Meski nampak padat namun ukuran nebula yang seukuran bumi hanya memiliki massa total beberapa kilogram saja. Nebula terakhir yang terbentuk adalah Nebula planeter, nebula jenis ini terbentuk dari bintang-bintang yang bermasa seperti matahari. Dan pada tahun 2018 satelit Hubble space telescope purple, Chandra X-ray Observatory (blue and white), Spitzar Space Telescope (pink).

Comments

comments