Greenland Kehilangan 12,5 Miliar Ton Es Dalam Satu Hari

Greenland Kehilangan 12,5 Miliar Ton Es Dalam Satu Hari

Pada tanggal 1 Agustus 2019, Greenland kehilangan es sebanyak 12,5 miliar ton hanya dalam satu hari. Catatan itu menandai kehancuran es terbesar sejak 1950, ketika 10 miliar ton meleleh dalam periode waktu yang sama.

Rekor baru juga mengikuti setelah satu bulan gelombang panas yang sangat kuat pada bulan Juli, ketika Greenland yang merupakan sebuah negara dengan 80 persen dari daratannya ditutupi oleh lapisan es ini mengalami kehancuran berkepanjangan yang mempengaruhi 60 persen dari lembaran itu, dengan jumlah total 197 miliar ton hilangnya es.

Statistik ini dihitung oleh para ilmuwan dan peneliti menggunakan berbagai data yang dikumpulkan melalui satelit dan instrumen, sebuah metode dari Ted Scambos, yakni seorang peneliti senior di Pusat Data Salju dan Es Nasional menyebutnya sangat akurat.

Video kehancuran es tersebut telah muncul di Twitter, menunjukkan semburan air seperti sungai yang mengalir yang dulunya merupakan lapisan es. Menurut Gizmodo, saat perubahan iklim memburuk dan lapisan es terus mencair dengan kecepatan yang memecahkan rekor, permukaan laut akan terkena dampak bencana.

Sumber: Hypebeast

Comments

comments